QUALITY CONTROL FOR CIVIL WORK

Saat ini terdapat kecenderungan adanya gejala di mana pencapaian mutu hasil pembangunan ( bangunan gedung, konstruksi jalan dan jembatan, serta bangunan irigasi) tidak konsisten dengan perencanaan teknis, di mana terlihat dari fenomena hasil pembangunan yang ternyata cepat rusak dan umur teknisnya ternyata lebih pendek dari umur rencana. Oleh karena itu, diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan mutu hasil pembangunan yang sesuai dengan spesifikasi teknis dalam dokumen kontrak. Salah satu upaya untuk mencapai sasaran itu adalah dengan memberdayakan sumber daya manusia yang ada melalui pelatihan Quality Control of Civil Work di mana para peserta akan dilatih untuk memiliki kemampuan mengendalikan mutu proyek-proyek yang ditanganinya.

Materi :
1. Sikap dan Motivasi seorang Quality Control.
2. Manajemen Kendali Mutu.
3. Karakteristik tanah dan uji laboratorium untuk pekerjaan tanah dan pondasi.
4. Kontrol pekerjaan tanah dan pondasi.
5. Quality Control Pekerjaan Beton : tahapan pembetonan dan pengendalian mutu ( pengendalian mutu sebelum, pengendalian mutu saat pelaksanaan, pengendalian mutu setelah pelaksanaan.
6. Evaluasi mutu beton.
7. Quality Control Pekerjaan Baja.
8. Pengendalian Mutu Bahan Jalan ( Agregat dan Aspal) .
9. Pengendalian Mutu Pekerjaan Jalan pada Pelaksanaan penghamparan, pemadatan dan finishing.
10. Praktek Lapangan
11. Praktek Laboratorium

Instruktur:
Ir. Elisabeth Marlailana, MT., M. Shouman, Dipl.Ing, HTL, MT, Tonton Aristono, Dr. Ir. Sumargo, Ir. Roestaman, MSc., Aceng Subagja, MT., Dr. Hasbullah Nawir., Ir. Djuwadi.

• Biaya investasi sebesar Rp. 8, 500, 000 / peserta yang meliputi training kit ( makalah, tas, alat tulis) , snack, lunch serta sertifikat.